Articles - Lifestyle

10 February 2017 | 10.34 WIB

5 Film Lokal Adaptasi Novel Terlaris Sepanjang Masa

 

OneEast.co.id - Tren film adaptasi novel belakangan ini memang sangat digandrungi oleh pasar film nasional. Tercatat, beberapa film garapan sineas lokal yang diadaptasi dari novel berhasil memuncaki tangga box office pada saat itu. 

Pertumbuhan film Indonesia saat ini tentu menjadi peluang bagi para sineas dalam negeri. Karena itu, tak heran jika kolaborasi antara penulis novel dan sutradara seringkali menghadirkan tontonan menarik yang berhasil di angkat ke sebuah film.

Selain itu, dalam sejarah perfilman Indonesia tentu sudah tak terhitung lagi berapa banyak film-film lokal yang kisahnya diadaptasi dari novel dan sukses di Box Office Indonesia. Nah, berikut ini daftar 5 film tersukses yang diadaptasi dari novel seperti dikutip dari laman FilmIndonesia.or.id.

1. Laskar pelangi (2008)

Pendapatan kotor: Rp 165 miliar

Film Laskar Pelangi garapan Riri Riza berhasil menduduki posisi pertama sebagai film Indonesia terlaris adaptasi novel. Film yang mengambil setting di Bangka Belitung ini mendapatkan jumlah penonton sebanyak 4,7 penonton dengan keuntungan yang ditaksir senilai Rp 165 miliar. Film produksi Miles Production ini mengadaptasi dari novel best seller karya Andrea Hirata.

2. Habibie & Ainun (2012)

Pendapatan kotor: Rp 160 miliar

Film yang dibintangi oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari ini menempati posisi kedua dalam film adaptasi novel. Film yang juga disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini mengangkat cerita dari buku autobiografi dari BJ Habibie, yakni Habibie & Ainun. Tercatat, film Habibie & Ainun sukses mengumpulkan 4,5 juta penonton, dan mengantongi pendapatan sebesar Rp 160 miliar.

3. Ayat-Ayat Cinta (2008)

Pendapatan kotor: Rp 125 miliar

Di posisi ketiga film adaptasi novel terlaris ada film drama religi garapan Hanung Bramantyo berjudul Ayat-Ayat Cinta. Film Ayat-Ayat Cinta ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Habiburrahman El Shirazy. Film ini pun meraih sukses besar dengan 3,5 juta penonton, dan pendapatan ditaksir hingga Rp 125 miliar.

4. My Stupid Boss (2016)

Pendapatan kotor: Rp 106 miliar

Lalu, di posisi keempat ada film My Stupid Boss yang berhasil menarik hingga 3 juta penonton dengan keuntungan Rp 106 miliar. Film yang berhasil mengantarkan Reza Rahardian sebagai aktor terbaik dalam Festival Film Indonesia 2016 ini diadaptasi dari novel karya Chaos@work dengan judul sama.

5. Eiffel I'm in Love (2003)

Pendapatan kotor: Rp 92 miliar

Film Eiffel I’m in Love yang merupakan film drama-romantis ini berada di posisi kelima dengan pendapatan hingga Rp 92 miliar. Film arahan Nasri Cheppy ini diangkat dari novel karya Rachmania Arunita dengan judul yang sama. Pada saat itu film yang dibintangi oleh Samuel Rizal dan Sandy Aulia sukses menarik perhatian dengan raihan penonton sebesar 2,6 juta.