Articles - Lifestyle

14 December 2017 | 17.50 WIB

5 Jenis Penyakit Mematikan Sepanjang 2017 Akibat Gaya Hidup Tak Sehat

 

OneEast.co.id – Trend penyakit degeneratif semakin dekat dengan masyarakat. Semuanya akibat dari gaya hidup atau perilaku yang tidak sehat. Karena penyakit degeneratif, pasien bisa meninggal di usia muda. Sudah tak heran lagi jika seseorang mengalami hal ini.

Bahkan, karena cepat mengancam nyawa bisa dikategorikan sebagai penyakit ganas dan mematikan. Seharusnya penyakit ini dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup. Setiap orang dengan mudahnya bisa mengatur gaya hidupnya, mulai dari membenahi pola makan, aktivitas fisik hingga jaga kebersihan lingkungan.

Kalau tidak, banyak penyakit mematikan yang mengintai Anda. Seperti yang dikutip dari laman Okezone.com, Kamis (14/12/2017), berikut adalah 5 penyakit yang mematikan dan banyak terjadi di Indonesia sepanjang tahun 2017:

Diabetes

Diabetes satu penyakit degeneratif yang sulit disembuhkan. Pasien bisa menderita penyakit ini seumur hidup. Selain karena genetik, diabetes tipe 2 mengintai banyak kaum muda yang produktif. Kondisinya pasien sudah mengalami gangguan kadar gula darah normal, serta mengganggu insulin dan pankreas.

Jantung

Di era sekarang, penyakit jantung juga banyak menyerang orang usia muda. Bukan tanpa alasan, penyebabnya paling sering karena kebiasaan merokok dan sulitnya mencegah makan junk food. Tak heran, jika Anda menderita penyakit jantung sejak muda yang sebenarnya dapat dicegah.

Gagal ginjal

Penyakit ginjal juga dapat merenggut banyak nyawa orang. Pria paling kerap menderita penyakit ini. Pasien dengan gagal ginjal sudah tak kenal usia. Ini akibat dari kebiasaan sederhana yakni kurangnya minum air putih dan menahan kencing. Kalau sudah kena gagal ginjal, Anda harus melakukan cuci darah tanpa henti untuk menstabilkan kondisi.

Kanker

Wanita dan pria juga sudah mulai terancam dengan sel kanker. Lagi-lagi akibat gaya hidup yang tidak sehat. Pada wanita, kanker payudara dan kanker serviks banyak mengintai. Sementara pada pria banyak pasien kanker paru, pankreas, lambung, hingga kanker prostat yang membahayakan.

Stroke

Lima besar penyakit yang mematikan penduduk Indonesia yakni stroke. Terjadinya penyakit ini karena gangguan pembuluh darah otak dan hipertensi. Pria lebih banyak menderita stroke dibandingkan wanita. Padahal penyakit mematikan ini dapat dicegah dengan aktivitas fisik, jaga pola makan seimbang dan tidak merokok.