Articles - Lifestyle

20 February 2017 | 10.46 WIB

Bekerja di Rumah Miliki Dampak Buruk untuk Kesehatan, “Modern Cafes” Bisa Jadi Solusi Tepat

 

OneEast.co.id - Apakah Anda termasuk orang yang nyaman bekerja di rumah? Nah, sebaiknya Anda mulailah untuk mengubah kebiasaan tersebut, karena hal tersebut justru bisa memicu stres dan gangguan tidur.

Untuk sebagian orang tentu akan lebih menyenangkan bisa bekerja di rumah. Selain suasana lebih santai, bekerja di rumah akan mengirit biaya transportasi dan logistik sehari-hari. Karena itu, kini bekerja di rumah sudah menjadi tren gaya hidup masyarakat perkotaan.

Namun begitu, dikutip dari ZeeNews beberapa waktu lalu, ada temuan studi dari PBB yang dilakukan di 15 negara bahwa terbukti bekerja di rumah memiliki dampak negatif yang ternyata tak banyak disadari. Bekerja di rumah akan berdampak pada gangguan tidur dan dapat memicu stres.

Selain itu. jam kerja di rumah cenderung akan lebih lama karena Anda lebih banyak terdistraksi oleh hal-hal lain. Terlebih bila Anda seorang ibu, maka akan diganggu dengan aktivitas bersama si buah hati yang berdampak pada pekerjaannya tertunda.

Hasil penelitian ini didasari atas wawancara bersama para pekerja dan ahli dari 10 negara Uni Eropa, Argentina, Brazil, India, Jepang, dan Amerika Serikat. Studi yang dilakukan oleh beberapa jenis karyawan dilakukan dengan sistem teleworking.

"Teleworking dapat menyamarkan batas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Tapi, tergantung pada tempat kerja dan karakteristik pekerjaan yang berbeda," ucap si Peneliti.

Dari hasil studi tersebut mengemukakan bahwa karyawan yang bekerja dari rumah akan cenderung membutuhkan waktu lama. Justru kegiatan tersebut dapat memicu tingkat stres yang lebih tinggi sehingga berakibat pada gangguan kehidupan pribadinya. Tak hanya itu, bagi Anda yang sering bekerja di rumah akan mengalami gangguan tidur, seperti saat malam hari akan sulit tidur karena terbiasa mengejar deadline kerjaan hingga larut malam.

Maka dari itu, bila Anda termasuk orang yang tidak begitu menyukai aktivitas di kantor maka bisa mencari solusi lainnya. Misal, Anda bisa bekerja di luar kantor seperti di Coffee Shop atau modern cafe lainnya yang tentu memberikan nuansa berbeda dari kantor.

Terlebih kini di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, cukup mudah menemukan tempat-tempat yang cocok dijadikan lokasi bekerja di luar ruangan. Bahkan, bila Anda berada di Surabaya maka tak lama lagi akan dapat menikmati tempat nongkrong berkonsep one-stop living, yakni One Avenue yang ada di area apartemen mewah One East Penthouse & Residences Collection.

Tentu berbeda jika dibandingkan antara bekerja di rumah dan di luar ruangan. Ketika Anda memiliki coffee shop atau modern cafe maka Anda akan merasakan nuansa nyaman yang disediakan oleh tempat tersebut. Selain terhindar dari gangguan aktivitas di rumah, bekerja di luar seperti di coffee shop bisa dengan leluasa memesan minuman kopi atau kudapan dikala suntuk. Karena itulah, bekerja di luar ruangan bisa jadi solusi tepat untuk menghindari pengaruh buruk bagi kesahatan ketika kerja di rumah.