Articles - Lifestyle

21 February 2017 | 10.32 WIB

Curah Hujan Meningkat, Sebaiknya Waspadai Penyakit Ini...

 

OneEast.co.id - Intensitas hujan saat ini kembali meningkat dan tentunya Anda perlu mewaspadai terjadinya banjir di beberapa wilayah, seperti Ibu Kota. Maka dari itu, bersiaplah terhadap beberapa penyakit yang seringkali menyerang ketika banjir.

Beberapa hari belakangan ini curah hujan cenderung cukup tinggi dan bisa saja mengakibatkan banjir di beberapa wilayah di Ibu Kota. Seperti saat ini, dihimpun dari berbagai sumber beberapa wilayah di Ibu Kota sudah mulai terendam air dan dampaknya pun beragam, salah satunya berpengaruh pada kesehatan.

Nah, berikut ini OneEast.co.id merangkum beberapa penyakit yang seringkali menyerang ketika musim hujan, khususnya di wilayah yang terkena banjir.

Diare

Diare rentan terjadi pada musim hujan akibat kontaminasi bakteri pada makanan dan air minum. Karena itulah, diare harus segera ditangani agar tidak menyebabkan dehidrasi, terutama pada anak-anak. Cara mencegahnya pun cukup mudah, yakni Anda harus rajin mencuci tangan sebelum makan dan konsumsi air bersih.

Leptospirosis

Penyakit Leptospirosis sering muncul diderita oleh korban banjir. Biasanya, penyakit ini disebabkan oleh bakteri leptospira yang berasal dari kotoran dan kencing tikus. Bakteri ini biasa menyerang melalui kulit yang luka, mata, dan mulut. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati ketika berada di lingkungan yang sering di landa banjir saat musim hujan tiba.

Penyakit kulit

Penyakit kulit merupakan salah satu yang paling sering di derita saat musim hujan. Terlebih, lingkungan tersebut rawan banjir maka bisa mengakibatkan pertumbuhan bakteri saat musim hujan menjadi lebih mudah menyerang kulit. Biasanya jika sudah terserang oleh bakteri bisa terasa gatal dan muncul ruam kemerahan. Cara mencegahnya segera cuci dengan air bersih tiap kali terkena air hujan atau banjir.

Demam berdarah

Demam berdarah menjadi kasus yang paling menakutkan jika musim hujan telah tiba. Hal ini disebabkan oleh berkembangbiaknya nyamuk Aedes aegypti. Karena itu, agar Anda terhindar dari demam berdarah maka bisa lakukan dengan cara menutup atau menguras wadah-wadah di sekitar rumah yang berisi air. 

Sementara itu, solusi lainnya agar Anda terhindar dari banjir saat musim hujan maka Anda bisa memilih tinggal di hunian vertikal, seperti apartemen. Selain terbebas dari genangan air saat musim hujan, tinggal di apartemen akan lebih terjamin dalam urusan kebersihan. Terlebih, bila Anda membeli apartemen mewah yang juga berlokasi strategis di pusat kota. 

Dengan begitu, permasalahan yang sering terjadi saat musim hujan, khususnya banjir bisa dapat Anda hindari. Barang-barang dan keluarga Anda pun aman dan nyaman tinggal di hunian vertikal.