Articles - Ekonomi

21 February 2017 | 11.02 WIB

Ditengah Sentimen Penguatan Dolar AS, Rupiah kembali Menguat

 

OneEast.co.id - Pada pembukaan perdagangan pagi ini nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak menguat. Sebelumnya Rupiah berada di level Rp 13.360 per-USD pada penutupan kemarin dan kini menjadi Rp 13.358 per-USD.

Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengungkapkan, sentimen dolar AS yang masih kuat di pasar eksternal saat ini diperkirakan dapat membatasi ruang penguatan mata uang domestik untuk bergerak lebih tinggi dalam jangka waktu pendek. terlebih, pelaku pasar juga masih khawatir terhadap situasi politik di dalam negeri menjelang putaran kedua pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

"Di tengah sentimen penguatan dolar AS di pasar kawasan Asia, mata uang rupiah masih nergerak stabil," ucapnya Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta seperti dikutip dari Okezone.com, Selasa (21/2/2017).

Lanjutnya, hasil notulensi Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) mengenai kebijakan suku bunga AS yang akan dirilis pada pekan ini masih menjadi perhatian bagi para investor.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menambahkan, tanggapan pemerintah melalui Menteri Keuangan mengenai rasio utang Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) yang masih berada pada posisi aman menjadi salah satu faktor yang menjaga rupiah.

Bank Indonesia (BI) mencatat ULN Indonesia pada akhir triwulan empat 2016 sebesar 317,0 miliar dolar AS atau tumbuh dua persen (year on year/yoy). Berdasarkan jangka waktu asal, ULN jangka panjang tumbuh 1,1 persen (yoy), sementara ULN jangka pendek tumbuh 8,6 persen (yoy).

"Namun pelaku pasar diharapkan tetap mencermati data-data ekonomi lainnya baik dari domestik maupun eksternal yang dapat mengubah arah rupiah," katanya.

Meski begitu, berdasarkan data yang dihimpun dari YahooFinance, mata uang Garuda berada di level Rp 13.351 per-USD dari posisi kemarin di level Rp 13.353 per-USD. Adapun pergerakan harian Rupiah diprediksi berada di kisaran Rp 13.351 per-USD hingga Rp 13.384 per-USD.