OneEast.co.id - Jika menebak kota paling banyak dikunjungi di dunia, mungkin Anda akan menyebut nama-nama negara yang populer. Misalnya Paris, London, atau New York. Namun kenyataannya, kota paling banyak dikunjungi di dunia bukanlah salah satu dari ketiganya. Mereka hanya ada di dalam daftar 10 besar, namun tak masuk dua besar. Hal ini berdasarkan penelitian yang dirilis oleh Euromonitor International.

Euromonitor International merilis daftar 100 peringkat destinasi terpopulernya dengan Hong Kong berada di urutan pertama sebagai kota paling banyak dikunjungi di dunia. Disusul oleh Bangkok yang ada di urutan kedua. Munculnya Hong Kong dan Bangkok di urutan teratas sebagai kota paling banyak dikunjungi di dunia membuat nama Asia berjaya. Jika ditilik secara keseluruhan, penelitian ini menemukan bahwa kota-kota di Asia mendominasi peringkat ini. Sebab, ada 5 kota di Asia yang masuk dalam daftar 10 besar.

Suksesnya Hong Kong yang berhasil mendatangkan 26,6 juta wisatawan asing tak lepas dari upaya pemerintahnya yang melakukan sejumlah kampanye pariwisata. Sementara penelitian dari Mastercard untuk daftar peringkat tahun lalu, memasukkan Bangkok di urutan pertama.

"Asia Pasifik adalah wilayah yang menonjol yang mendorong perubahan dalam pekerjaan. Kami memperkirakan kawasan ini akan terus berkembang dalam dekade yang akan datang dengan Singapura menyalip London sebagai kota yang paling banyak dikunjungi di dunia pada tahun 2025, memberikan podium sepenuhnya ke Asia," kata Wouter Geerts, analisis perjalanan senior dengan Euromonitor International dalam sebuah pernyataan dikutip dari laman Okezone.com, Jumat (10/11/2017).

Berikut 10 daftar kota paling banyak dikunjungi di dunia menurut penelitian Euromonitor International 2016:

  1. Hong Kong (26,6 juta pengunjung)
  2. Bangkok (21,2 juta)
  3. London (19,2 juta)
  4. Singapura (16,6 juta)
  5. Macau (15,4 juta)
  6. Dubai (14,9 juta)
  7. Paris (14,4 juta)
  8. New York (12,7 juta)
  9. Shenzhen (12,6 juta)
  10. Kuala Lumpur (12,3 juta)

Jakarta?