OneEast.co.id – Countertop atau meja dapur merupakan bagian paling penting di area yang digunakan untuk masak-memasak tersebut. Untuk itu, diperlukan bahan terbaik untuk membuatnya.

Alasan mengapa meja dapur harus terbuat dari bahan berkualitas, sebab di meja itulah akan banyak aktivitas. Meja dapur tak mungkin luput dari terkena noda, goresan, atau keretakan. Agar meja tidak mudah rusak atau menghitam, pilihlah bahan yang berkulitas. Seperti yang dikutip dari laman Okezone.com, Selasa (30/1/2018), berikut 4 bahan berkualitas untuk membuat meja dapur.

Granit

Ini adalah pilihan favorit pertama bagi kebanyakan orang. Selain tampilan granit yang tampak mewah dan berkelas, corak batunya pun bervariasi. Granit merupakan bahan yang tahan panas dan tahan goresan. Agar penampilannya tetap bagus, noda seperti wine, minyak dan cairan asam harus segera dibersihkan. Setiap lempengan bahan alami ini unik, setiap coraknya memiliki warna langka dan urat yang berbeda.

Quartz

Jika Anda ingin punya countertops yang tidak perlu perawatan khusus, Batu quartz atau kuarsa adalah pilihannya. Material alam dari cairan yang terkristalisasi ini tahan benturan dan goresan. Goresan dan noda dapat tersamarkan dengan sendirinya. Tampilannya terlihat mirip granit. Namun bahan ini punya kekurangan, yaitu tepi dan sudutnya tida bisa seperti granit. Dianjurkan menggunakan ujung yang membulat agar tumpul.

Laminasi

Meja laminasi belakangan ini cukup diminati dan menjadi pilihan pemilik rumah. Bukan hanya karena harganya yang terjangkau dan sangat bersahabat dengan budget, tetapi juga karena polanya yang menyerupai batu alam, kayu atau bahkan kuarsa. Terlepas dari pola, ada juga pilihan warna trendi yang tersedia. Bahan ini mudah dipasang, mudah dibersihkan jika terkena noda dan hawa panas tidak merusak laminasi. Namun, apabila sudah terkena goresan akan menyebabkan cacat permanen.

Kayu

Bila Anda punya selera dapur bergaya pedesaan meski tinggal di rumah modern, meja kayu adalah pilihan yang sempurna. Selain dekoratif, juga fungsional. Bila dipasang dengan benar, meja kayu bisa digunakan untuk memotong daging sekaligus. Kayu sangat tahan panas. Makanya, pengguna tidak perlu khawatir dengan panci panas dan wajan yang menempel.