Articles - Lifestyle

05 January 2017 | 15.31 WIB

Kilas Balik 2016, Informasi dan Tren Ini Paling Banyak Dicari di Dunia Maya

 

OneEast.co.id - Pesta pergantian tahun telah usai, masyarakat pun kini berangsur mulai melakukan rutinitas kembali setelah melewati libur panjang Natal dan Tahun Baru. Tentu sepanjang 2016 banyak peristiwa terjadi hingga menjadi populer di dunia maya.

Mengilas balik perjalanan tahun 2016, tentu tak sedikit orang yang melakukan pencarian di mesin pencari Google mengenai peristiwa dan tren yang sedang terjadi. Bila pada tahun 2015, batu akik cukup populer di dunia maya, lalu apa yang cenderung dicari oleh masyarakat dunia melalui mesin pencari Google?

Nah, berikut ini tren atau informasi yang paling banyak ditelusuri di dunia maya sepanjang 2016.

Pokemon GO

Game Android dan IOS berbasis Augmented Reality (AR) ini merupakan salah satu yang paling banyak ditelusuri di dunia maya. Uniknya, game ini dimainkan sesuai dengan landskap lingkungan si pemain ketika berburu monster pokemon. Maka dari itu, tak dapat dipungkiri konten yang berkaitan dengan game buatan Niantic ini banyak dicari oleh para pengunjung dunia maya.

Gerhana Matahari

Peristiwa alam gerhana matahari yang terjadi pada bulan November 2016 menjadi salah satu yang populer di dunia maya. Terlebih, Indonesia sebagai salah satu wilayah yang dapat melihat terjadinya peristiwa langka tersebut. Gerhana Matahari berada di posisi kedua di mesin pencari Google yang paling banyak dicari, baik itu oleh masyrakat lokal maupun dunia.

Timnas Indonesia

Keberhasilan Tim Nasional Indonesia berlaga di kompetisi Asia yakni AFF 2016 telah menarik minat masyarakat Indonesia untuk searching di mbah Google. Terlebih, performa timnas Indonesia masuk ke babak final, meskipun pada akhir laga hanya menjadi runner up di kejuaran AFF 2016. Konten ini berhasil berada di peringkat ketiga di mesin pencari Google.

Donald Trump

Terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS ke-45 telah menarik minat masyarakat Indonesia untuk mencari informasi mengenai pebisnis property tersebut. Donald Trump juga telah berhasil masuk trending topic Indonesia dan global. Selain itu, kerjasama MNC Land dengan Trump untuk mendukung pembangunan proyek MNC Lido City juga menjadi daya tarik masyarakat Indonesia untuk mengetahui sosok Presiden terpilih AS yang ke-45 tersebut. 

Rio Haryanto & Joey Alexander

Keberhasilan dua anak bangsa di kancah internasional, yakni Rio Haryanto (pebalap F1) dan Joey Alexander (musisi jazz termuda) menjadi informasi yang sangat populer di dunia maya. Bahkan, keberhasilan tersebut tak lepas dari prestasinya yang diraih oleh kedua anak bangsa tersebut.

Jessica Kumala Wongso

Kasus pembunuhan yang dilakukan oleg Jessica Kumala Wongso terhadap sahabatnya dengan menggunakan kopi yang diberikan racun sianida menjadi sangat populer dan paling dicari melalui Google mobile.  

Demo 4 November

Aksi damai atau demo 4 November yang dilakukan oleh sejumlah umat islam tanah air yang terjadi di Jakarta juga turut populer di dunia maya, khususnya di mesin pencari Google. Terlebih, demo ini berlanjut pada aksi damai 2 Desember 2016.

Bom Sarinah

Aksi bom bunuh diri yang dilakukan oleh seorang anggota ISIS yang terjadi di Sarinah juga menjadi tren di dunia maya. Dalam persitiwa tersebut yang terjadi pada awal tahun lalu membuat sekitaran perkantoran dekat Sarinah lumpuh. Informasi mengenai peristiwa ini banyak dicari di mbah Google oleh masyarakat Indonesia.