Articles - Lifestyle

21 October 2017 | 11.16 WIB

Kopi Bawang Putih di Jepang, Citarasa Kopi Pertama di Dunia yang Bebas Kafein

 

OneEast.co.id – Kopi menjadi salah satu minuman yang wajib disajikan pada pagi hari. Kebiasaan meminum kopi ini telah jadi kegiatan yang harus dilakukan oleh beberapa orang sebelum menjalani aktivitas sehari-hari. Sebagian besar dari kita pasti hanya mengetahui kopi hanya terbuat dari biji kopi, dan jelas tidak mungkin terbuat dari biji yang bukan biji kopi. Namun, nyatanya kopi juga bisa lho dibuat bukan dari biji kopi. Penasaran?

Kopi yang terbuat bukan dari biji kopi ini ternyata tidak mengandung kafein alias cafein free! Ya, kopi tersebut terbuat dari bawang putih. Unik memang karena kita lebih mengenal rasa kopi dari biji kopi saja. Akan tetapi, kopi inovasi baru yang ditemukan oleh Yokitomo Shimotai tersebut tetap memiliki rasa seperti halnya kopi. Penemuan unik kopi bawang putih oleh Shimotai berawal dari kesalahan memasak yang dia alami ketika 30 tahun lalu.

Dikutip dari laman Okezone.com, Jumat (20/10/2017), saat menemukan kopi bawang putih, Shimotai tengah membakar steak dan bawang putih. Bisa dibilang penemuan kopi bawang putih berasal dari ketidaksengajaan Shimotai. Steak yang ia bakar bersama bawang putih itu tanpa ia sadari telah hangus. Akhirnya, ia memutuskan untuk menumbuk bawang putih yang hangus itu dengan sendok dan mencampurnya dengan air panas.

Setelah mencampurnya dengan air panas, Shimotai pun meminum campuran bawang putih hangus tumbuk dan air panas itu. Ketika minuman penemuannya menyapa lidah, ia pun terkejut. Ia tidak menyangka bawang putih hangus yang ia tumbuk tersebut memiliki rasa yang mirip dengan kopi, pahit. Shimotai yang telah pensiun, kemudian kembali meneliti penemuannya lebih lanjut. Ia pun mengulang berkali-kali untuk meracik kopi bawang putih. Tidak jarang pula penelitiannya gagal dan mengalami kesalahan.

Setelah mengalami beberapa kesalahan, lima tahun kemudian ia pun berhasil menciptakan sebuah resep kopi bawang putih yang sedap rasanya. Tanpa pikir panjang dan berlama-lama menghabiskan waktu, Shimotai langsung memutuskan untuk mengambil hak paten pada 2015. "Minuman saya mungkin yang pertama di dunia dari jenisnya," ucap pria berusia 74 tahun itu.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan kopi temuannya tersebut benar-benar bebas dai kafein, jadi cukup aman bagi mereka yang ingin minum kopi pada malam hari atau ibu hamil yang tetap ingin ngopi. Sesuai dengan bahan dasarnya yaitu bawang putih, jadi aroma kopi bawang putih pun kental pada kopinya, tapi tidak menyebabkan bau mulut.

Kopi bawang putih akan dipasarkan pada Januari dan tersedia di toko souvenir di Prefektur Aomori. Penasaran dengan rasa kopi bawang putih, jangan lupa membelinya ketika mengunjungi Jepang, ya!