Articles - Travel

07 November 2017 | 09.53 WIB

Kota-Kota Paling Ramah di Dunia, Singapura yang Teramah!

 

OneEast.co.id – Berdasarkan peringkat yang dipublikasikan situs liburan TravelBird Travelbest , Singapura adalah kota paling ramah di dunia untuk para pelancong. Kota sekaligus negara mungil ini meraih total skor 8,22, dengan rincian nilai 10 untuk pintu masuk dan 8,95 untuk keamanan. TravelBird Travelbest menganalisis 500 tujuan wisata terbesar di dunia menurut Organisasi Pariwisata Dunia (World Tourism Organization).

Faktor-faktor yang dipertimbangkan untuk membuat peringkat yaitu pengunjung merasa diterima, pintu masuk seperti bandara atau pelabuhan yang ramah, kebahagiaan warga, keamanan, keterbukaan terhadap wisatawan, dan kemampuan berbahasa Inggris. Pengelola situs juga berbicara dengan lebih dari 15.000 jurnalis perjalanan tentang pengalaman mereka sebelum menghitung angka untuk membuat peringkat 100 teratas. Berdasarkan catatan tahun sebelumnya, Singapura berhasil mengalahkan Swedia yang sebelumnya berada di peringkat teratas.

Dikutip dari laman Okezone.com, Selasa (7/11/17), Singapura memiliki lingkungan yang aman, bandara yang efisien dan ultramodern, dan niat penuh untuk menjadi tuan rumah bagi wisatawan. Pembuatan peringkat ini juga didorong reaksi antituris yang terlihat di beberapa kota paling populer di Eropa pada musim panas ini.

Seperti di Barcelona, ketika para pemrotes mengempiskan ban bus wisata dan sepeda sewaan pada Agustus lalu. Lalu Venesia, penduduknya sering kali menentang kapal pesiar yang berada di palazzi kuno. Kota-kota yang dianggap menderita akibat turisme pun ditandai khusus.

Jadi, tidak terlalu mengejutkan saat mengetahui jika ibu kota Catalan maupun La Serenissima berada di urutan di luar 10 besar. Mereka masing-masing berada di peringkat 78 dan 77. Sementara itu, menurut Evelyn Chen, penulis panduan Telegraph Travel dan warga Singapura, kemenangan Negara Singa ini seharusnya tidak mengejutkan.

“Anda merasakannya saat tiba di Bandara Changi, yakni tempat antrean untuk melewati imigrasi biasanya hanya sebentar,” ungkapnya. Bandara Changi yang memiliki taman kupu-kupu, dua bioskop 24 jam gratis, dan kolam renang di puncak gedung telah dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia selama lima tahun berturut-turut.

Melengkapi peringkat lima besar adalah Stockholm, Helsinki, San Francisco, dan Rotterdam. Lalu, Lisbon, Tokyo, Oslo, Zurich, dan Orlando masuk daftar 10 besar. Adapun menurut wartawan wisata, 10 kota paling ramah bagi wisatawan adalah Kopenhagen, Lisbon, Oslo, Stockholm, Phuket, Tokyo, Amsterdam, Milan, Edinburgh, dan Bangkok.

Indonesia?