Articles - Lifestyle

12 March 2018 | 21.28 WIB

Meski Enak, Kurangi Konsumsi 6 Makanan Ini agar Terhindar dari Arthritis

 

OneEast.co.id – Seiring bertambahnya usia, daya tingkat kekebalan tubuh pun semakin menurun. Begitu juga  kekuatan tulang dan sendi tentu tidak akan sama seperti ketika masih muda. Berbagai penyakit pun mulai muncul, namun dapat dihindari dengan menjalankan gaya hidup sehat di usia muda seperti olahraga dan konsumsi makanan yang tepat. Hal ini akan menghindarkan Anda dari salah satu penyakit yang banyak menyerang mereka yang berusia 50 tahun keatas seperti arthritis.

Arthritis adalah penyakit yang menyerang bagian sendi terutama pada lutut, pergelangan tangan, jari dan punggung serta terasa nyeri dan kaku ketika digerakkan. Agar tidak terkena penyakit arthritis ada beberapa makanan yang harus dihindari, seperti yang dikutip dari laman Okezone.com, Senin (12/3/2018).

  1. Makanan yang digoreng

Banyak sekali makanan lezat yang digoreng seperti kentang goreng, ayam goreng, keripik dan sebagainya. Mungkin sebagian dari kita lebih memilih makanan tersebut karena gurih dan lezat. Tetapi ternyata konsumsi makanan yang digoreng tidak hanya meningkatkan berat badan dan kolesterol, namun juga berisiko terkena arthritis.

  1. Makanan yang tinggi gluten

Kandungan gluten yang tinggi pada roti dan biskuit juga dapat mengakibatkan masalah kesehatan seperti percernaan, alergi dan bahkan arthritis. Ini dikarenakan gluten adalah senyawa yang tidak baik bagi tubuh. Maka terlalu banyak konsumsi roti akan berdampak pada kesehatan Anda.

  1. Produk susu

Mungkin kita tidak menyangka bahwa produk susu berpengaruh untuk penyakit ini. Protein pada susu diketahui dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada otot dan sendi.

  1. Minyak jagung

Makanan yang digoreng dengan minyak jagung juga dapat mengakibatkan peradangan pada sendi. Kenapa? Karena banyaknya kandungan asam lemak dan omega 6 pada minyak jagung menyebabkan peradangan di persendian, sehingga memicu penyakit arthritis.

  1. Makanan yang manis

Sebuah studi telah menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang manis seperti permen, cokelat, susu dan sebagainya dapat mengakibatkan arthritis. Hal ini disebabkan adanya gula berlebih dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan radang sendi dan kaku di sekitar otot.

  1. Alkohol

Alkohol merupakan salah satu minuman yang berbahaya bagi kesehatan baik secara fisik maupun emosional. Tidak hanya itu, jika Anda mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak maka akan rentan terkena penyakit arthritis.

Jadi, kurangi ya mengonsumsi makanan-makanan tersebut agar Anda dan keluarga dapat terhindar dari penyakit arthritis.