Articles - Travel

30 January 2017 | 11.27 WIB

Nih... 5 Desnitasi Wisata Bernuansa Imlek yang Dapat Dikunjungi di Tanah Air

 

OneEast.co.id - Indonesia merupakan salah satu negara yang masyarakatnya turut merayakan Tahun Baru Imlek. Karena itu, tak heran jika beberapa wilayah di Indonesia telah menyiapkan berbagai acara yang menarik untuk dikunjungi sebagai salah satu destinasi wisata bernuansa Imlek tahun Ayam Api.

Nah, bagi Anda yang merayakan Imlek pada Sabtu (28/1/2017) kemarin tentu menjadi momentum untuk berkumpul bersama keluarga besar. Beragam aktivitas pun dilakukan, mulai pergi berdoa ke klenteng hingga makan bersama dan memberikan angpao ke keluarga besar secara rutin dilakukan.

Bila waktu akhir pekan kemarin saat perayaan Imlek belum sempat berkunjung ke kelenteng untuk berdoa sekaligus wisata, maka tak ada salahnya Anda mulai melakukan list perjalanan yang akan diknunjungi. Berikut ini tempat wisata bernuansa Imlek yang menarik untuk dikunjungi kembali, seperti yang dirangkum oleh OneEast.co.id dari berbagai sumber.

1. Kelenteng Boen Tek Bio

Bagi Anda yang berada di sekitar wilayah Tangerang, maka bisa mengunjungi kelenteng tertua, yakni Kelenteng Boen Tek Bio. Lokasinya yang berada di pasar tradisional bisa sekaligus menjadi pilihan untuk Anda berwisata kuliner. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengunjungi museum yang dulunya merupakan bangunan rumah tua milik orang tionghoa.

2. Pasar Petak Sembilan, Glodok

Di Jakarta, Anda bisa mengunjungi Pasar Petak Sembilan yang merupakan salah satu destinasi wisata dengan nuansa Imlek. Di sini Anda akan menemui beragam kuliner dan pernak-pernik khas Imlek yang bisa jadi pilihan ketika akan mendekorasi rumah. Selain itu, di daerah ini Anda juga akan disuguhkan pemandangan arsitektur khas Cina yang tentunya menarik jika dijadikan pilihan latar foto selfie. Terlebih, lampion yang dipasangkan akan membuat suasana semakin menyenangkan.

3. Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang

Beralih ke luar kota tepatnya berada di Semarang maka Anda bisa mengunjungi Kelenteng Sam Poo Kong saat berwisata nuansa Imlek di Jawa Tengah. Semarang juga menjadi salah satu wilayah yang memiliki cukup banyak keturunan tionghoa, karena itu pada saat perayaan Imlek kota ini tak kalah dengan kota lainnya. Di sini Anda bisa melihat pawai budaya, cicipi kuliner khas Semarang, dan juga belanja cantik pernak-pernik khas imlek.

4. Kota Seribu Kelenteng, Singkawang

Singkawang merupakan kota yang dijuluki sebagai Kota Seribu Kelenteng. Karena itu, bila Anda berlibur ke sini maka akan menemui banyak kelenteng di setiap sudut kota. Maka dari itu, tak heran jika sedang perayaan Imlek akan cukup heboh. Beragam acara pun diselenggarakan, malai dari  barongsai, pawai kesenian, dan juga kuliner lezat. Ini juga punya pasar pernah pernik khas Imlek yang lucu.

5. Kuil Pulau Kemaro, Palembang

Pulau Kemaro jadi destinasi religu bagi masyarakat Tionghoa karena di kuil ini mereka beribadah. Selain itu, kisah percintaan legendaris yang menyebar di wilayah ini telah mempengaruhi masyarakat setempat untuk meminta jodoh. Pengunjung bisa menikmati suasana imlek, dan belanja pernak-pernik juga lho di sini. Tak ketinggalan ragam atraksi budaya dan sajian kuliner juga dihadirkan selama berada di sini.