Articles - Lifestyle

14 March 2017 | 15.05 WIB

Rutin Sarapan Pagi Ternyata Miliki Banyak Manfaat, Nih...

 

OneEast.co.id - Sarapan pagi ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain sehat, sarapan saat pagi hari sebelum beraktivitas mampu meningkatkan konstrasi.

Sarapan pagi sebaiknya konsumsi jenis makanan ringan yang tidak terlalu mengenyangkan. Hal ini dilakukan agar tidak berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Maka dari itu, hal terbaik yang perlu dilakukan sebelum memulai aktivitas ialah dengan mengonsumsi makanan saat pagi hari, karena pada dasarnya banyak manfaat dari memberikan asupan pada tubuh di pagi hari.

Pilih menu makanan ringan yang tidak terlalu mengenyangkan perut, seperti roti, susu, kopi atau kue-kue lainya. Selanjutnya, Anda bisa menyisihkan waktu 5 sampai 10 menit untuk sekadar sarapan di kedai kopi atau toko kue yang dekat dengan tempat tinggal atau kantor. Terlebih kini banyak konsep hunian modern yang menyediakan venue exclusive, seperti toko kue atau kedai kopi yang tentunya bisa jadi pilihan saat sarapan pagi.    

Untuk itu, sebaiknya jangan sepelekan sarapan pagi karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut ini ulasan manfaat bila sarapan pagi secara rutin, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.    

Sumber energi

Makan pagi sangat baik untuk mengembalikan metabolisme dalam tubuh setelah beristirahat saat tidur malam. Karena itulah, penting bagi Anda mengembalikan nutrisi yang telah hilang sebagai sumber energi mengawali aktivitas sehari-hari.

Meningkatkan konsentrasi

Banyak penelitian yang dilakukan terhadap manfaat sarapan pagi hari, salah satunya adalah sebuah penelitian Journal of America Dietetic Association pada 2005 silam yang mengemukakan bahwa sebanyak 47 studi penelitian menemukan sarapan cenderung meningkatkan fungsi kognitif yang berkaitan dengan memori dan daya pikir. Maka dari itu, tak heran jika seringkali sulit fokus atau kehilangan konsentrasi karena tidak mengonsumsi apapun saat pagi hari.

Mencegah diabetes

Ternyata bila Anda seringkali melewatkan sarapan pagi bisa berisiko terkena diabetes, khususnya pada wanita. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, wanita yang melewatkan sarapan, rata-rata beresiko 1-6 lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 ketimbang wanita yang rutin sarapan pagi setiap hari.

Diet lebih terkontrol

Sarapan juga baik bagi Anda yang sedang menjalankan diet. Hal ini karena makan pagi menjadi keharusan sehingga diet lebih terkontrol. Dengan mengonsumsi makanan di pagi hari maka tubuh mampu menahan rasa lapar sedikit lebih lama, sehingga baik untuk menekan napsu makan berlebih yang biasanya sering terjadi di siang atau malam hari.

Mencegah maag

Bagi Anda yang memiliki maag maka salah satu cara menanganinya ialah dengan sarapan pagi secara rutin. Cara ini cukup ampuh dilakukan karena membuat perut selalu terisi dan beraktivitas sehingga saat siang hari tidak mudah terserang maag. Terjadinya maag karena kondisi lambung yang kosong dipaksa untuk terus bekerja memproses makanan sehingga malah terkena dinding lambung yang menyebabkan asam lambung pun meningkat.

Mampu minimalisir risiko penyakit jantung

Manfaat lainnya ialah mampu meminimalisir risiko penyakit jantung. Menurut studi yang dilakukan oleh Jurnal Circulation, pria 45-82 tahun yang menjalankan sarapan  pagi berisiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan hipertensi daripada pria yang tidak pernah sarapan.