Articles - Lifestyle

15 July 2017 | 14.11 WIB

Senyum Bikin Awet Muda? Ternyata Menurut Psikologi Tak Begitu

 

OneEast.co.id – Senyum adalah ibadah, senyum membuat hati bahagia, senyum juga membahagiakan orang lain. Apakah Anda suka tersenyum? Ketika seseorang senyum, dia dinilai lebih cantik serta tampan. Sebab orang senyum itu mengeluarkan aura bahagia. Tapi tak semua tentang senyum postif, seperti yang dikutip dari laman Okezone.com, Sabtu (15/7/2017), senyum bikin wajah tua.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychonomic Bulletin & Review, tersenyum malah bisa membuat seseorang terlihat dua tahun lebih tua dari usia sebenarnya. Peneliti memberi tiga gambar ekspresi wajah kepada para responden, yakni tersenyum, netral dan terkejut. Responden kemudian diminta untuk menebak umur setiap wajah yang ditunjukkan. Hasilnya, orang yang tersenyum pada gambar, cenderung dianggap lebih tua dari usia sebenarnya.

Sedangkan, orang dengan ekspresi terkejut terlihat lebih muda. Peneliti mengatakan, orang yang tersenyum akan terlihat garis-garis di wajahnya. Semakin lebar senyuman, maka garis tersebut akan makin banyak. Hal ini lah yang membuat orang tersenyum malah dianggap lebih tua.