Articles - Lifestyle

09 March 2017 | 14.46 WIB

Terlalu Lama Bekerja Duduk Tidak Baik untuk Kesehatan, Lakukan Peregangan Tiap 10 Menit

 

OneEast.co.id - Terkadang duduk terlalu lama dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dalam tubuh, salah satunya yaitu adanya pembekuan pada pembuluh darah. Hal ini biasa terjadi oleh orang-orang yang cenderung bekerja duduk terlalu lama.

Dilansir dari laman TimesofIndia, hal ini telah terbukti melalui penelitian yang dilakukan oleh University of Missouri School of Medicine. Dalam penelitian tersebut yang ditulis dalam Jurnal Experimental Physiology mengungkapkan, kebiasaan duduk terlalu lama yang dilakukan oleh para karyawan kantor bisa menyebabkan aliran darah pada arteri di kaki bagian bawah (poplitea) akan berkurang.

Jaume Padilla sebagai penulis menjelaskan, kondisi ini umumnya terjadi pada karyawan yang duduk terlalu lama dengan waktu enam sampai delapan jam. Akibat kondisi ini, darah akan berkurang secara dratis.

Maka dari itu, Jaume pun menyarankan kepada setiap orang yang bekerja terlalu lama duduk sebaiknya lakukan peregangan atau berjalan selama kurang lebih 10 menit. Bila Anda rutin berjalan selama 10 menit, maka fungsi pembuluh darah pun akan kembali berfungsi normal. 

Tak hanya pegawai kantor, para freelancers yang bekerja dari rumah pun sebaiknya turut memperhatikan pola kerja yang diterapkan. Sebaiknya sering-seringlah tiap 10 menit sekali berjalan ke dapur atau berpindah tempat sehingga kesehatan dalam tubuh tetap terjaga.