Articles - Travel

09 March 2017 | 14.08 WIB

Tips Modifikasi “Van” yang Gemar “Travelling”

 

OneEast.co.id - Untuk yang gemar travelling seringkali kendaraan seperti mobil dibuat laiknya tempat tinggal. Biasanya, tren mobil yang disulap menjadi tempat tinggal memang masih jarang di Indonesia, namun di luar negeri tentu ini sudah jadi tren yang cukup populer bagi para travellers.

Sebenarnya, cara ini bisa jadi solusi untuk siapapun jika belum mampu membeli hunian. Terlebih harga tanah di Indonesia setiap tahun terus mengalami kenaikan, karena itulah memodifikasi mobil untuk jadi tempat tinggal sementara bisa jadi pilihan tepat.

Dilansir dari Curbed, seperti yang dialami seorang fotografer asal Hungaria Norbert Juhasz, dirinya menghabiskan waktu 16 tahun untuk make over sebuah mobil van menjadi sebuah hunian jangka panjang.

Ia memodifikasi van miliknya menjadi sebuah rumah rencananya untuk ditempati olehnya bersama tunangannya bernama Dora. Dalam desain interior mobil van miliknya, Juhasz mengedepankan konsep multiguna, mulai dari merancang susunan interior laiknya sebuah rumah namun tetap matching jika diaplikasikan pada mobil van. Misalnya, desain sofa yang dapat dialih fungsikan sebagai tempat tidur. Mobil ini juga bisa diisi dengan berbagai perabotan rumah tangga lainnya, seperti tersedia dapur dengan gas, kulkas, tempat panci dan piring-piringnya.

Menariknya, si fotografer tersebut memanfaatkan energi surya dengan sejumlah peralatan sehingga mampu menghasilkan sedikitnya 250 watt listrik. Namun begitu, ia juga tetap menyediakan sebuah mesin generator sebegai energi cadangan.

Nah, tertarikah untuk memodifikasi mobil Anda? Tentu ini salah satu solusi tepat bagi Anda yang gemar travelling. Dengan begitu, Anda bisa berkeliling Indonesia tanpa harus mengeluarkan budget untuk hotel.