Articles - Lifestyle

30 December 2016 | 10.14 WIB

Tren 2017: Terapkan Resolusi Hidup Sehat dengan Cara Ini...

 

OneEast.co.id - Tahun baru biasanya selalu jadi momen terbaik untuk melakukan perubahan, salah satunya merubah pola hidup. Tak sedikit orang yang berencana melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat.

Nah, bagi Anda yang berencana melakukan resolusi hidup sehat di tahun 2017 mendatang, sebaiknya pikirkan pola hidup seperti apa yang akan diterapkan. Karena biasanya, tak sedikit yang gagal menerapkan pola hidup sehat disebabkan tak bisa menahan godaan dari kebiasaan sebelumnya.

Namun begitu, sebaiknya lakukanlah dari hal yang paling sederhana, yaitu dengan meninggalkan kebiasaan buruk di tahun sebelumnya dan memulai menggantinya dengan kebiasaan sehat. Berikut ini ulasannya yang bisa dijadikan referensi untuk Anda yang memiliki resolusi hidup sehat di tahun baru, seperti yang dilansir dari laman Mirror.com, Jumat (30/12/2016).

Berpikir realistik

Sederhananya, coba untuk berpikir realistik terhadap resolusi pola hidup sehat yang akan Anda terapkan, seperti memiliki berat badan yang ideal. Misal, jika Anda berniat menurunkan berat badan sebanyak 10 kilogram (kg) dalam sebulan, apakah hal tersebut realistik. Maka dari itu, setidaknya lebih baik Anda berpikir bahwa menurunkan berat badan 1 sampai 2 kg dalam sebulan akan lebih realistik.

Miliki target

Nah, agar resolusi gaya hidup sehat Anda berjalan dengan sukses sebaiknya miliki target. Dengan adanya target akan menjadi acuan seberapa besar keberhasilan Anda dalam menerapkan resolusi tersebut. Misal, bila Anda ingin menurunkan berat badan hingga 10 kg, maka targetkan dalam jangka waktu enam bulan dengan catatat setidaknya ada 1 sampai 2 kg berat badan yang berhasil Anda turunkan. Meskipun terkesan cukup lama, namun dengan secara perlahan seperti ini target Anda tercapai.

Lakukan secara berkala

Bika Anda ingin menerapkan resolusi hidup sehat sebaiknya lakukanlah secara berkala. Buatlah daftar kegiatan sehat yang akan dilakukan selama beberapa periode, mulai dari jangka pendek dan jangka panjang. Dengan adanya daftar tersebut akan memudahkan Anda untuk memilah mana yang paling diprioritaskan untuk dilakukan.

Misalnya, jika ingin berhenti minum alkohol atau merokok, maka dapat Anda motivasi dengan bergabung ke pusat kebugaran (gym). Lalu, selanjutnya Anda dukung dengan mengonsumsi makanan sehat. Karena bila dilakukan secara bersamaan akan ada aktivitas yang akan terbengkalai.

Berpikir SMART

Terapkanlah aturan SMART, yakni specific, measurable, achievable, realistic, dan time-bound, seperti yang diutarakan oleh Dr Mark Griffiths. Misal, untuk memantapkan resolusi hidup sehat Anda maka ketika akan mengonsumsi minuman alkohol tidak lebih dari satu gelas setiap harinya dalam periode satu bulan. Dengan menerapkan aturan SMART seperti ini akan membantu Anda untuk meninggalkan kebiasaan buruk secara perlahan.