OneEast.co.id – Kegiatan traveling menjadi agenda wajib seseorang untuk mengisi waktu kosong. Setiap tahun, para traveler rela menyisihkan uang untuk pergi liburan singkat. Nah, selama tahun 2018 ada banyak perubahan perilaku traveler yang bisa menjadi tren baru. Nampaknya, perilaku mereka mengarah ke hal yang lebih simple dan serba mobile.

Tak hanya itu, traveler nampaknya senang berburu rekomendasi objek wisata yang hits lewat media sosial. Meski tempatnya tidak strategis, merela rela datang dengan menggunakan kendaraan pribadi atau malah booking taksi online. Lebih dari itu, banyak kebiasaan baru yang menjadi tren liburan yang digemari oleh traveler di tahun 2018 ini. Ini dia ulasannya yang dirangkum Okezone, Rabu (3/1/2018).

Cari destinasi Instagramble

Belakangan ini, banyak treveler yang mencari destinasi wisata di Instagram. Rata-rata objek foto yang di-upload terkesan indah dan fotogenik. Mulai dari menunjukkan keindahan pantai, puncak gunung di malam hari dengan penuh bintang, air terjun, keindahan underwater, danau, pasar tradisional, kafe Instagramable, pusat kuliner, dan masih banyak lokasi lainnya. Setiap usai melancong, pasti tak lupa upload di media sosial yang menjadi kebiasaan terbaru, apalagi di kalangan generasi milenial.

Pakai taksi online

Daripada menyewa mobil selama 24 jam dengan harga mahal, kini banyak traveler yang beralih booking taksi online saat mengunjungi destinasi wisata di luar kota. Menurut mereka, hal ini lebih simple, murah dan cepat. Mereka juga tidak capek menyetir sendiri dan mengeluarkan uang bensin. Kini, hampir di semua kota besar tersedia jasa taksi online dengan harga beragam dan driver profesional.

Promosi objek wisata dengan vlogging

Kebiasaan vlogging kini melekat dengan traveler. Setiap berlibur ke luar kota dengan berbagai destinasi pasti menyempatkan untuk nge-vlog alias video blogging. Cara ini diklaim lebih efektif menarik traveler lain untuk datang ke destinasi menarik. Bahkan, pemerintah mengapresiasi cara generasi milenial dalam mempromosikan sebuah destinasi wisata. Tak heran, di tahun 2018 kebiasaan vlogging bakal diminati banyak traveler yang lebih simple dibandingkan menulis cerita liburannya.

Booking paket travel serba online

Banyak sekali penyedia jasa travel yang bisa diakses secara online. Harganya pun bersaing dan semakin memudahkan traveler. Ada banyak akomodasi yang bisa didapatkan dengan online, seperti hotel, tiket pesawat dan kereta, paket wisata murah, tiket masuk ke objek wisata, voucher makan, dan segala macam atraksi wisata yang bisa dinikmati saat liburan.

Berburu tiket murah di travel fair

Tahun 2018 diprediksi banyak ajang travel fair yang menjual paket wisata super murah. Traveler tak usah khawatir kehabisan tiket liburan murah dengan tujuan domestik atau mancanegara. Biasanya travel fair diadakan pada bulan April dan Oktober untuk menyambut peak season. Banyak penyelenggara travel fair yang menyediakan tiket pesawat atau tiket kereta murah, sekaligus paket menginap di hotel bintang, baik di Indonesia atau luar negeri.