Articles - Lifestyle

09 March 2017 | 09.16 WIB

Yuk, Apresiasi Karya Musisi Indonesia, Selamat Hari Musik Nasional!

 

OneEast.co.id - Hari Musik Nasional selalu dirayakan setiap 9 Maret sejak 2013 silam. Penetapan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (kepres) Nomor 10 Tahun 2013.

Dengan adanya Hari Musik Nasional diharapkan dapat membuat masyarakat Indonesia lebih mengapresiasi karya-karya dari para musisi dalam negeri. Tentunya perayaan tersebut sekaligus menjadi momen untuk kembali mengenang karya-karya lawas dari legenda musik Indonesia.

Pada hari ini tepat Hari Musik Nasional yang juga hari lahirnya pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, yakni Wage Rudolf Soepratman (W.R Soepratman). Selain W.R Soepratman, masih banyak karya musisi Indonesia yang hingga kini masih lagu-lagunya masih dikenang, salah satunya yakni Chrismansyah Rahadi atau biasa dikenal dengan Chrisye.

Hingga kini lagu-lagu karya almarhum Chrisye, seperti Kisah Kasih Disekolah, Pergilah Kasih, Hip Hip Hura dan beberapa karya lainnya pun masih cukup populer di industri musik Indonesia. Bahkan, tak jarang beberapa lagu lawas Chrisye di-cover ulang oleh para musisi muda Tanah Air saat ini.

Chrisye lahir di Jakarta pada 16 Maret 1949 dan wafat pada 30 Maret 2007. Dalam perjalanan karirnya Chrisye berhasil meraih berbagai penghargaan musik bergengsi, karena itu tak heran jika perjalanan karir musisi keturanan tionghoa ini akan dibuatkan film autobiografinya. Seperti diketahui MNC Pictures sebagai rumah produksi akan mengangkat film Chrisye yang diperankan oleh aktor Vino G. Bastian.

Sementara itu, beragam acara pun banyak diselenggarakan untuk merayakan Hari Musik Nasional, baik itu oleh stasiun tv, radio, hingga pemerintahan. Karena rencananya untuk memperingati Hari Musik Nasional, Presiden Joko Widodo akan mengundang Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) ke Istana Negara pada hari ini.

Selamat Hari Musik Nasional!