Articles - Travel

06 February 2017 | 11.32 WIB

Yuk, Berwisata ke London Sekaligus Menonton Pertandingan Chelsea, Spurs atau Arsenal

 

OneEast.co.id - Apakah Anda termasuk salah satu fans klub bola asal London dari liga Inggris? Nah, bila Anda berencana melakukan perjalanan ke London untuk menonton langsung tim favorit, seperti Chelsea, Arsenal, dan Spurs maka tak ada salahnya mulailah merencanakannya dari sekarang.

London, Inggris merupakan salah satu kota termahal di dunia, terlebih dalam urusan destinasi liburannya. Selain dikenal sebagai negara Ratu Elizabeth, Inggris cukup dikenal diseluruh Indonesia dengan sepak bolanya.

Liga Inggris kini menjadi salah satu liga sepak bola terberat di dunia. Karena itu, tak heran jika klub-klub besar seperti Liverpool atau Manchester United turut merasakan sulitnya persaingan Liga Inggris yang kini lebih didominasi oleh klub asal London, yakni Chelsea, Tottenham Hot Spurs, dan Arsenal.

Maka dari itu, bila Anda termasuk fans dari ketiga klub besar asal London tersebut maka tak ada salahnya jika merencanakan perjalanan ke sana. Nah, bila betul ingin melakukan travelling ke London sebaiknya ada beberapa hal yang perlu disiapkan.

Dikutip dari laman Thesmartlocal, Senin (6/2/2017), saat ini mata uang Inggris, yakni Poundsterling termasuk yang paling stabil dari mata uang utama lainnya di dunia. Karena itu, biaya hidup di Negeri Ratu Elizabeth tentu akan lebih mahal dari negara Eropa lainnya.

Meski begitu ada beragam cara yang bisa Anda terapkan ketika travelling ke London. Pertama, harus memiliki kartu pengunjung, karena akan membantu Anda menghemat jika menaiki transportasi umum selama di sana.

"Ini bisa cukup mahal jika membeli satu kali perjalanan dari zona 1 sampai 3, karena di sana akan mematok harga sekitar Rp 83.000. Namun, jika Anda membuat kartu pengunjung maka cukup membayar Rp 47.000 sekali jalan," ujarnya Angela.

Namun begitu, sebelum menuju ke stadion tim London kesayangan Anda sebaiknya berkelilinglah di beberapa tempat wisata di wilayah sekitar. Misal, Anda bisa berkunjung dan menyaksikan pertunjukan teater, tapi sebaiknya bergegaslah karena yang tersedia 16 tiket untuk tiap kali pertunjukkan.

"Untuk menyimpan uang lebih banyak lebih baik datang lebih awal, mereka cuma hadirkan 16 tiket dengan harga Rp84 ribu," ujarnya.

Selain itu, Anda juga bisa berkeliling kota, tapi sebaiknya jangan menggunakan bus city tur hop-hop, karena akan membuat pengeluaran Anda semakin membengkak.

"Biasanya ketika menggunakan bis hop-hop maka Anda akan dikenakan biaya Rp 500.000 per-orang. Berbeda ketika menggunakan bus umum dengan nomor 11, dan hanya dikenakan tarif sebesar Rp 25.000," ujarnya.

Selama menaiki bus, Anda akan melewati beberapa ikon kota London, seperti Big Ben, Houses of Parlemen, dan juga Royal Courts of Justice. Barulah, setelah puas berkeliling di Kota London maka Anda bisa melanjutkna ke stadion tim kesayangan Anda.

Namun, untuk benar-benar menonton dari dalam stadion sebaiknya siapkan budget yang lebih banyak. Hal ini disebabkan karena harga tiket Liga Inggris merupakan yang termahal di dunia, termasuk di Kota London.

Arsenal menjadi salah satu tim sepak bola asal London yang mematok harga sangat tinggi, baik itu untuk tiap pertandingan atau tiket tahunan. Bahkan, khusus pertandingan besar seperti dalam laga Liga Champions akan ada biaya tambahan.

Dikutip dari berbagai sumber, harga tiket musiman termahal yang ditetapkan Arsenal delapan kali lebih mahal dari tiket musiman termurah yang ditawarkan Hull. Harga tersebut menempatkan Arsenal sebagai tim dengan harga tiket termahal di Inggris dan nomor dua di Eropa setelah klub asal Paris, yakni Paris Saint-Germain sebesar 2.588 Pounds.

Tim asal London lainnya seperti Tottenham Hot Spurs juga mematok harga tinggi, yakni 1.895 Pounds, sedangkan tiket menonton di Stamford Bridge Sebesar 1.250 Pounds. Untuk harga per-pertandingan, Arsenal mematok 97 pounds sekali menonton.  

Bagaimana tertarikah Anda menonton langsung dari Kota London? Karena itu sebaiknya persiapkan terlebih dahulu budget selama Anda di London. Selamat berlibur!