Articles - Lifestyle

11 January 2017 | 09.21 WIB

Yuk, Sadar Lingkungan dengan Melestarikan Budaya Menanam Sejuta Pohon

 

OneEast.co.id - Pada tahun ini, Hari Menanam Sejuta Pohon Sedunia jatuh pada Selasa (10/1/2017) kemarin. Meskipun tak banyak selebrasi yang dilakukan, namun dengan ikut melestarikan budaya menanam pohon sejuta pohon telah memberikan manfaat yang penting bagi kehidupan manusia di bumi.

Untuk sebagian masyarakat dunia termasuk di Indonesia, biasanya peringatan Hari Menanam Sejuta Pohon dilakukan dengan cara menanam pohon di lingkungan sekitar, baik itu secara individu maupun kelompok.

Dengan turut serta melestarikan budaya menanam pohon kepada anak cucu tentu akan memberikan manfaat bagi kehidupan manusia di bumi. Hal ini disebabkan batang pohon hidup dengan daun hijau menjadikan komponen penting bagi manusia dan hewan.

Dilansir dari laman NationalGeographic.com beberapa waktu lalu, pohon memiliki proses fotosintesis yang cukup mengagumkan sehingga menghasilkan O2 yang bermanfaat bagi makhluk hidup di bumi.

Selain itu, pohon juga dapat menyerap air ketika hujan tiba sehingga tidak berdampak buruk bagi lingkungan yang menyebabkan bencana tanah longsor. Karena itu, menanam sejuta pohon bukan hanya sekadar slogan belaka, namun perlu ada tindakan nyatanya agar bermanfaat bagi makhuk hidup di bumi.

Menurut penelitian, hutan yang memiliki pohon daun jarum mampu membuat 60 persen air hujan terserap tanah. Bahkan, hutan dengan pohon berdaun lebar mampu menyerap air hujan ke tanah sebanyak 80 persen.

Dengan begitu, manfaat pohon yang beragam dapat berujung pada kesejahteraan hidup manusia dan lingkungan. Selamat Hari Menanam Sejuta Pohon, plant trees to save planet.