Articles - Lifestyle

25 November 2017 | 13.14 WIB

Bersih-Bersih Rumah selama 30 Menit Bisa Perpanjang Usia

 

OneEast.co.id - Membersihkan rumah tak hanya membuat rumah terbebas dari kuman dan bakteri namun juga baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, bahwa bersih-bersih rumah dengan melakukan pekerjaan ringan selama 30 menit setiap hari bisa memperpanjang usia. Seperti yang dikutip dari laman SindoNews.com, Sabtu (25/11/2017).

Dilansir dari Channel News Asia, penelitian ini dilakukan di Amerika Serikat dan menemukan lebih dari 6.000 responden wanita berusia 63-99 tahun yang rutin melakukan aktivitas ringan selama 30 menit, seperti menyapu lantai memiliki risiko kematian yang lebih rendah. Risiko tersebut turun hingga 12%.

Selain itu ditemukan juga rutin melakukan aktivitas sedang hingga kuat seperti mengepel lantai bisa menurunkan risiko kematian hingga 39%. Selain itu, peneliti juga menemukan manfaat lain dari bersih-bersih rumah bagi wanita dengan obesitas.

"Studi kami menunjukkan, penelitian ini difokuskan pertama kalinya pada wanita yang lebih tua. Jadi, melakukan bersih-bersih rumah ternyata lebih baik daripada tidak sama sekali," ujar Profesor Michael LaMonte dari Universitas di Buffalo School of Public Health and Health Professionals di New York, Amerika Serikat. Meski penelitian fokus pada wanita dengan usia lebih tua, namun ditemukan bahwa temuan ini juga berlaku bagi pria maupun wanita muda. Berdasarkan hasil penelitian ini, para ahli pun berharap aktivitas ini bisa dilakukan sejak muda dan diharapkan bisa dipertahankan saat mereka bertambah tua.

"Yang paling penting, bersih-bersih rumah menurunkan kematian di kalangan wanita yang obesitas," kata Profesor Andrea LaCroix dari University of California.