Articles - Lifestyle

19 March 2018 | 14.11 WIB

Lakukan 6 Hal Ini Agar Pengeluaran Saat Berlibur Terkontrol

 

OneEast.co.id - Melakukan perjalanan ke tempat yang menyenangkan adalah sesuatu yang bisa membuat pikiran lebih segar dan kembali terbuka. Liburan adalah kegiatan yang pas bagi Anda yang memasuki masa penat bekerja. Anda bisa berlibur ke mana pun yang Anda mau dengan siapa saja.

Namun, pastikan jika Anda mendapatkan banyak informasi tentang tempat tersebut. Pastikan juga jika Anda bisa mengakses pekerjaan dari tempat liburan juga. Walaupun memang waktunya untuk berlibur, pekerjaan harus tetap terkontrol. Ada beberapa hal juga yang harus Anda lakukan sebelum berlibur dan yang paling penting adalah mengatur keuangan untuk berlibur.

Siapkan uang untuk berlibur secara matang agar nantinya tidak merugi setelah pulang dari berlibur. Dan untuk mengatur keuangan untuk liburan, Anda bisa menggunakan beberapa tips berikut ini.

  1. Siapkan Tabungan

Berlibur adalah hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan bersama pasangan, keluarga besar, dan bahkan dilakukan sendiri. Anda bisa pergi berlibur ke mana saja asalkan budget sesuai dengan destinasi. Salah satu hal yang wajib dilakukan sebelum berlibur adalah menyiapkan tabungan khusus.

Anda harus menabung jauh-jauh hari sebelum pergi berlibur agar nantinya tidak berdampak pada kebutuhan pokok lainnya. Anda bisa melakukan perjalanan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

  1. Cari Tiket Promo

Carilah tiket promo sebelum melakukan liburan. Ada kalanya jika promo itu memang datang secara tiba-tiba dan bahkan waktunya juga sangat sebentar sekali. Untuk menekan biaya berlibur, Anda bisa mencari tiket promo akhir tahun atau pada waktu-waktu tertentu.

Sering-seringlah mengecek harga tiket di website yang menyediakan jasa travel. Anda bisa melakukan pengecekkan ini secara berkala. Pastikan jika Anda terdaftar ke website travel tersebut agar nantinya jika ada promo, informasi akan masuk langsung ke email Anda.

  1. Buat List Belanja

Buatlah list belanja ketika akan pergi berlibur. Pastikan jika Anda membelanjakan uang dengan tepat dan tidak berlebihan. Dengan membuat list belanja, Anda bisa meminimalkan pengeluaran yang bisa menyebabkan Anda merugi nantinya. Jangan ragu untuk membuat list awal dan carilah review atau informasi tentang harga barang atau jasa yang dijual di tempat tersebut.

  1. Cari Waktu Yang Pas

Tahukah Anda jika waktu juga bisa memengaruhi harga tiket perjalanan dan menginap di tempat wisata. Anda bisa mengalami kerugian jika pergi pada waktu yang salah, kecuali Anda sudah menyiapkan dana khusus. Anda bisa mengambil cuti dan pergi berlibur pada weekday karena tentu pada saat itu harga tiket lebih murah daripada musim liburan. Anda bisa mengecek harga tiket weekday di website travel yang Anda percaya agar nantinya bisa membuat perencanaan yang matang dan tepat.

  1. Menyiapkan Uang Cadangan

Siapkanlah uang cadangan untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan. Uang cadangan bisa Anda gunakan jika saat perjalanan mengalami sakit sehingga Anda harus membeli obat atau bahkan periksa ke dokter. Pastikan jika uang cadangan selalu sedia saat Anda pergi berlibur. Masalah bisa saja datang tanpa diduga. Karena itu, ada baiknya mencegah daripada mengobati.

  1. Menggunakan Asuransi Liburan

Gunakanlah asuransi liburan jika Anda ingin berlibur ke luar negeri. Dengan adanya asuransi, perjalanan juga akan semakin aman dan nyaman. Asuransi bisa melindungi Anda dalam perjalanan liburan dan asuransi mampu mengcover segala kejadian tidak menyenangkan ketika berada dalam perjalanan. Misalnya, Anda tertabrak atau mengalami sakit ketika berlibur. Di sinilah asuransi akan membantu Anda  dalam menyelesaikan masalah tersebut terutama dalam biaya.

Keduanya sama-sama penting dimiliki ketika Anda akan melakukan perjalanan liburan. Namun, ada yang membedakan kedua hal tersebut. Uang cadangan bisa Anda persiapkan sendiri sebelum berlibur dengan cara menabung. Uang cadangan biasanya disiapkan untuk berlibur dalam negeri.

Lain halnya engan asuransi liburan yang bisa Anda gunakan pada setiap destinasi Anda. Misalnya, Anda ingin berlibur ke luar negeri, asuransi ini mampu mengcover kesulitan yang didapat di sana. Anda ingin menggunakan keduanya juga boleh. Sebab bagaimanapun sifat uang cadangan dan asuransi liburan sama-sama menguntungkan bagi Anda nantinya.