26 October 2016 | 13.52 WIB
OneEast.co.id - Di era digital seperti saat ini memang tak bisa dipungkiri bahwa media sosial (medsos) memiliki andil yang cukup penting, khususnya bagi Anda pengguna internet yang gemar mengekspresikan diri.
Kini, medsos tak hanya sekadar untuk ajang pamer diri saja, melainkan sebagai lahan mencari penghasilan. Sebut saja Selebriti Instagram (Selebgram) yang semakin populer karena memiliki banyak followers sehingga menjadi incaran para vendor untuk mempromosikan berbagai produk lewat akun pribadi milik para Selebgram.
Hal inilah yang menarik perhatian berbagai pihak termasuk pemerintah untuk merapkan kebijakan wajib pajak bagi para selebgram hingga Video Blogger (Vloger). Karena itulah, kini fungsi medsos semakin beragam.
Bahkan, dari data yang dipaparkan oleh APJII, sebanyak 129,2 juta atau 96,8 persen masyarakat Indonesia mengakses media sosial. Konten hiburan seperti medsos, game, atau video on demand merupakan yang paling banyak diakses oleh para pengguna internet dalam negeri hingga 127,9 juta atau 96,4 persen, dan sisanya 0,4 persen mengakses berbagai situs berita dan informasi.
Meningkatnya pengguna internet tentu dipengaruhi juga dengan terus berkembangnya teknologi ponsel cerdas, sehingga memudahkan para pengguna ponsel untuk bisa mengakses medsos dimana pun berada.
Tercatat, persentasenya sebesar 47,6 persen atau 63,1 juta pengakses yang menggunakan perangkat mobile, seperti smartphone ataupun tablet. Angka tersebut jauh lebih besar dibandingkan pengakses dari perangkat komputer yang hanya 1,7 juta atau 2,2 persen, sedangkan untuk pengguna dari kedua device tersebut sebesar 50,7 persen.
Nah, berikut ini konten hiburan berupa media sosial yang paling banyak diakses oleh masyarakat Indonesia, seperti dilansir dari lama Okezone.com.
Sejak berdirinya Facebook pada 2004 silam, popularitas media sosial buatan Mark Zuckerberg ini kian meningkat. Meskipun, sempat kalah pamor sejak bermunculan media sosial lainnya seperti Twitter, namun Facebook hingga kini masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Tercatat, hingga saat ini Facebook menempati posisi pertama di Indonesia sebagai media sosial yang paling banyak diakses hingga 71,6 juta orang.
Di posisi kedua media sosial yang paling banyak diakses oleh masyarakat Indonesia, yakni Instagram. Tren selebriti Instagram ternyata telah memberikan efek positif bagi para pengguna medis sosial lainnya. Hal inilah yang menjadi pilihan bagi para vendor dari berbagai produk untuk mempromosikan produknya lewat akun pribadi Selebegram yang memiliki banyak followers. Karena itu, Instagram berhasil menarik pengguna internet hingga 19,9 juta orang.
YouTube
Situs berbagi video, yaitu YouTube berhasil menempati posisi ketiga sebagai laman hiburan yang paling banyak diakses oleh para pengguna internet. Tercatat, sebanyak 14,5 persen masyarakat Indonesia mengakses YouTube ketika menggunakan internet. Meningkatnya pengguna YouTube tentu dipengaruhi karena meningkatnya tren video blogger (Vlog) yang kini semakin digemari oleh berbagai kalangan.