Articles - Lifestyle

17 March 2017 | 10.39 WIB

Ingin Tubuh Tetap Bugar? “High Intensity Interval Training” Cocok yang Miliki Mobilitas Tinggi

 

OneEast.co.id - Menjaga tubuh tetap bugar setiap saat dapat dilakukan dengan beragam cara. Namun, sebaiknya tidak hanya sekadar berlari namun juga mengkombinasikan berbagai gerakan dalam High Intensity Interval Training (HIIT).    

High Intensity Interval Training (HIIT) merupakan kombinasi metode pembakaran lemak yang menggabungkan beberapa gerakan olahraga bersifat kardio. Penerapannya, Anda akan berlari dalam interval yang rendah, sedang hingga tinggi. Namun, dilakukannya secara bertahap dalam setiap satu kali latihan.

Olahraga ini tentu sangat cocok diterapkan bagi masyarakat perkotaan yang memiliki mobilitas tinggi sehingga kebugaran tetap selalu terjaga. Selain itu, pembakaran lemak yang dikeluarkan jauh lebih besar dibandingkan dengan olahraga lainnya.

Maka dari itu, olahraga HIIT sangat cocok bagi Anda yang menjaga berat badan tetap ideal. Nah, berikut ini ulasanya yang telah dirangkum oleh tim OneEast.co.id dari berbagai sumber dari manfaat yang diperoleh dari penerapan HIIT. (Baca juga: Ingin Miliki Berat Badan Ideal? Renang & Diet Tepat Bisa Jadi Solusi)

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Latihan HIIT yang termasuk dalam bagian olahraga kardio mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Hal ini karena tubuh dilatih untuk bergerak setiap saat secara terus-menerus. Hanya saja tentu disesuaikan dengan kemampuan tubuh seseorang sehingga latihan yang diterapkan pun tidak terasa berat.  

Dikutip dari sebuah Jurnal Physiology, HIIT dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang, karena adanya intensitas gerakan yang dilakukan oleh otot secara berkelanjutan. Bahkan, banyak orang yang rutin melakukan HIIT selama delapan minggu dan hasilanya orang tersebut memiliki daya tahan dua kali lipat lebih lama saat melakukan olahraga bersepeda. 

Pembakaran lemak menjadi lebih singkat

Tak butuh waktu lama untuk membakar lemak jika Anda berolahraga HIIT, karena pembakaran lemak dalam tubuh menjadi lebih cepat dalam waktu 15 menit. Meski hanya 15 menit, namun jumlah kalori yang dibakar selama menerapkan latihan HIIT akan sama dengan satu jam melakukan jogging ataupun treadmil.

Karena itulah, HIIT sangat cocok bagi orang yang memiliki waktu terbatas untuk olahraga. Cukup sisihkan 15 menit maka lemak dalam tubuh terbakar lebih banyak.

Mampu hilangkan racun di tubuh

Mampu hilangkan racun dalam tubuh ketika melakukan HIIT karena tubuh akan mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak, sehingga racun pun ikut keluar melalui proses pembakaran tersebut. Selain itu, karbohidrat yang dikonsumsi akan secara cepat diubah menjadi energi ketika menerapkan secara rutin olahraga HIIT, dan tentunya meminimalisir lemak yang mengendap dalam tubuh.

Baik untuk jantung

Ternyata HIIT juga baik untuk jantung. Karena itu, penderita penyakit jantung sangat dianjurkan rutin berolahraga HIIT. Namun, sebaiknya intensitas latihannya pun perlu dibatasi jangan terlalu berat. Dengan pola interval training maka akan lebih mudah mendorong sendiri sesuai dengan kemampuan tubuh masing-masing. Pengaruh positifnya tentu membantu menjaga kesehatan jantung dan menjaga aliran darah tetap stabil.

Metabolisme tubuh meningkat

Biasanya metabolisme dalam tubuh akan terhambat jika Anda jarang melakukan olahraga ataupun gerakan sehingga berdampak pada sistem pencernaan yang tidak lancar. Maka dari itu, olahraga HIIT ini mampu meningkatkan sistem metabolisme menjadi lebih lancar. 

Dalam kutipan jurnal The American College of Sports and Medicine, HIIT membantu Anda mengonsumsi oksigen lebih banyak. Karena banyaknya oksigen yang dikonsumsi selama latihan maka metabolisme dalam tubuh meningkat.