Articles - Lifestyle

23 March 2017 | 11.53 WIB

Sering Merasa Stres di Kantor? Nih 5 Cara Mengatasinya

 

OneEast.co.id - Tak dapat dipungkiri bahwa pekerja kantor cenderung mudah mengalami stres. Hal ini tentu harus diwaspadai bagi Anda para pekerja kantor agar terhindar dari stres yang memiliki dampak buruk terhadap kesehatan tubuh, baik mental ataupun fisik.

Setiap orang yang menjalani rutinitas di kantor tentu akan memiliki berbagai macam tekanan, baik itu berasal dari deadline pekerjaan maupun hubungan personal antar teman kantor. Karena itu, penting bagi Anda untuk bisa mengelola stres agar tidak berdampak luas pada kesehatan tubuh.

Caranya pun cukup beragam mulai dari berolahraga hingga mengosumsi makanan yang bernutrisi. Nah, berikut ini tips sehat dari sejumlah penelitian psikologi agar dapat membantu mengelola stres saat menjalani rutinitas di kantor, seperti yang dikutip dari sejumlah penelitian psikologi, salah satunya American Psychological Association(Baca juga: Ingin Tubuh Tetap Bugar? “High Intensity Interval Training” Cocok yang Miliki Mobilitas Tinggi) 

1. Jangan lupa tersenyum

Cara paling mudah adalah dengan sering melakukan tersenyum dan tertawa yang dapat memberikan pengaruh positif bagi emosi dan ekspresi wajah. Dengan melakukan cara ini maka dapat mengurangi ketegangan saat bekerja sehingga stres dapat terkontrol dan tidak berkepanjangan. Selain itu, bisa jadi cara untuk berkomunikasi baik dengan setiap orang yang di kantor dan memberikan pengaruh pada pola pikir yang positif.

2. Istirahat sejenak

Bila Anda sudah merasa lelah dan bosan maka sebaiknya istirahatkan sejenak pikiran dari deadline yang mengejar. Dengan begitu, Anda akan memiliki waktu rehat untuk me-refresh panca indra selama bekerja. Namun sebaiknya cukup meluangkan waktu tidak lebih dari 20 menit sehingga ketika akan memulai kembali tidak akan merasa malas dan tetap bisa mengendalikan mood bekerja.

3. Olahraga

Olahraga rutin yang dilakukan setiap hari ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, baik itu secara fisik ataupun mental. Dari sebuah penelitian menjelaskan bahwa olahraga bermanfaat untuk pikiran. Olahraga yang Anda lakukan sederhana, cukup 20 menit seperti berjalan kaki, jogging, berenang ataupun tari modern yang bisa dilakukan ketika Anda berada di pusat kebugaran.

4. Bersosial

Cara lainnya Anda sebaiknya sering-seringlah untuk bersosial dengan teman kantor, seperti makan siang bersama ataupun ngopi santai sambil berbincang-bincang dapat membantu menghilangkan stres. Dengan sering ngobrol bersama teman kantor tentu jadi salah satu cara untuk saling memahami bahwa tak hanya Anda yang merasakan stres saat di kantor.

5. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang memusatkan pikiran dan tubuh agar lebih tenang dan fresh. Yoga sama dengan meditasi yang harus dilakukan secara sadar karena dapat membantu pikiran dan tubuh rileks, serta kembali fokus. Dengan cara ini Anda bisa melepaskan emosi yang mungkin telah menyebabkan stres fisik.